Senin, 17 Februari 2014

// // Leave a Comment

Client Server VS P2P Network

Client/server


Pada jaringan yang menggunakan konsep client/server, setiap komputer memiliki 2 peran yang jelas, yaitu sebagai server atau sebagai client.  
Server adalah media penyimpanan data yang akan di-share untuk diakses oleh client.  Keamanan server perlu dijaga agar informasi yang dicari oleh client merupakan informasi yang oleh administrator server ingin sampaikan kepada client, selain itu biasanya data dalam server merupakan data berharga yang perlu dijaga agar tidak bocor atau mengalami sabotase.
Client merupakan komputer-komputer yang terhubung pada server, yang menggunakan data yang tersimpan di dalam server apabila telah di otorisasi dan acknowledged oleh server.  
Penggunaan sistem client server seringkali kita temui pada webpage yang ada di internet.  Page tersebut tersimpan pada server dan kita sebagai client me-request kepada server untuk menampilkan page tersebut.

Peer-to-Peer Network

Pada jaringan yang menggunakan konsep peer-to-peer, semua komputer itu setara, tidak ada ketergantungan pada sebuah komputer  untuk melangsungkan koneksi dan membentuk jaringan.  Setiap komputer dapat berkomunikasi satu dengan lainnya apabila telah memiliki akses.  Hal ini berarti setiap komputer dalam jaringan P2P dapat bertindak sebagai server dan client.
Peer-to-peer network lazim ditemui pada pengunduhan dengan torrent.  Apabila kita mendownload dengan sistem client server, terdapat sebuah komputer yang memiliki bandwith upload sangat besar untuk melayani client yang hendak mendownload dan biasanya client harus mengantri.  Sementara pada torrent (P2P) kecepatan upload berasal dari peers (seeder) yang memberikan bandwith upload mereka dan bertindak sebagai server.  Setiap orang yang terkoneksi dalam network tersebut dapat berkontribusi menjadi penyedia bandwith upload dan juga dapat mendownload file nya.



Keunggulan Client-Server Network

-Kontrol akses yang lebih ketat.
-Keamanan yang lebih ketat.
-Performa yang lebih kuat karena komputer didedikasikan khusus untuk server.
-Terpusat dan mudah di-manage
-Data mudah di back-up karena lebih mudah diatur

Keunggulan Peer-to-Peer Network

- Biaya yang murah, karena memanfaatkan banyak komputer yang tersedia
- Backup tersebar
- Lebih cepat dalam proses koneksi karena tidak harus bypass melalui server

0 komentar:

Posting Komentar